Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V

Aprianty, Aprianty (2024) Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V. JPGMI.

[img] Text
DOC-20240909-WA0011.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan dari media poster terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di MIN 4 Kota Medan. Metode eksperimen dilakukan terhadap 40 siswa dengan pembagian kelompok eksperimen dan kontrol, tiap kelompok terdiri atas 20 siswa, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan untuk memenuhi persyaratan analisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKN pada kelompok eksperimen (siswa yang diajar dengan media poster) berada pada kategori tinggi, dengan rata-rata nilai 83,15, median 85,5, modus 88,92, dan simpangan baku 8,6; (2) Hasil belajar PKN pada kelompok kontrol (siswa yang diajar tanpa menggunakan media poster) berada pada kategori sedang, dengan rata-rata nilai 67, median 73, modus 64,9, dan simpangan baku 12,8; (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKN siswa yang diajar menggunakan media poster dan yang tidak, dengan nilai t-hitung sebesar 4,68, melebihi nilai ttabel. Oleh karena itu, disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan media poster sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:41
Last Modified: 16 Jan 2025 07:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item View Item