Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Aplikasi 3d Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Pencernaan

Khairanti, Dita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Aplikasi 3d Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Pencernaan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12 (1).

[img] Text
JURNAL_ARTIKEL_ILMIAH_DITA_KHAIRANTI_PUBLISH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian menggunakan model kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi 3D dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI SMA Swasta Kota Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi 3D dan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa terhadap materi sistem pencernaan. Desain pada penelitian ini yaitu non-equivalent control grup, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimental. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun instrumen yang diberikan pada masing masing kelas yaitu berupa soal pretest (sebelum ada perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan) dalam bentuk essay yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif, analisis inferensial, dan uji hipotesis independent t-test untuk melihat seberapa besar pengaruh dan perbedaan pada pemahaman konsep siswa di kelas yang telah diberi perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai posttest pada kelas eksperimen meningkat dengan selisih 73,95 daripada nilai posttest kelas kontrol yang hanya berselisih 12,19. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada kelas yang diberi perlakuan (eksperimen) pada pemahaman konsep siswa materi sistem pencernaan di salah satu SMA Swasta di Kota Medan

Jenis Item: Artikel
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:34
Last Modified: 15 Jan 2025 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item