Upaya meningkatkan perkembangan moral anak melalui media audio-visual di kelompok b paud ayuni tembung kec. percut sei tuan kab. Deli Serdang

Pasaribu, Maulidya (2017) Upaya meningkatkan perkembangan moral anak melalui media audio-visual di kelompok b paud ayuni tembung kec. percut sei tuan kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MAULIDYA PASARIBU WORD.pdf - Submitted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan moral anak melalui media audio-visual di kelompok B PAUD Ayuni Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang TA. 2016/2017 dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Media audio-visual dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan sikap patuh terhadap peraturan dan tata tertib sekolah serta dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Subjek pada penelitian ini adalah 24 anak kelompok B PAUD AYUNI Tembung yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu perkembangan moral anak yang meliputi enam indikator yaitu tepat waktu saat sampai di sekolah, baris-berbaris dengan rapi, menjaga kebersihan, mengerjakan tugas rumah, mengerjakan tugas sekolah, dan mengembalikan barang teman yang dipinjam. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan perkembangan moral melalui media audio-visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui media audio-visual. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan moral sebesar 38.8%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 56% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 73% Selanjutnya karena Siklus I dan II belum mencapai target capaian, maka dilakukan Siklus III, pada pelaksanaannya mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 85.39%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga perkembangan moral anak meningkat: kegiatan pra- pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:11
Last Modified: 07 Oct 2017 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item