Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Program Shubuh Berjamaah

Siregar, Muhammad Era Syahputra and Nurmawati, Nurmawati and Farabi, Mohammad A (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Program Shubuh Berjamaah. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1). pp. 142-160. ISSN p-ISSN: 2303-1891; e-ISSN: 2549-2926

[img] Text
20. INTERNALISASI PROGRAM SUBUH.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja program Subuh berjemaah dan bagaimana strategi penerapan program Subuh berjemaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja. Metode penelitian yang digunakan ialah metode empiris, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa program Subuh berjemaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja se-Kecamatan Babalan dilakukan dengm pembacaan Al-Qur’an, tausiah, tanya jawab, tahsin, sarapan, ishlah, dan gotong royong. Strategi penerapan program Subuh berjemaah Dewan Pengurus BKPRMI Kecamatan Babalan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada remaja se-Kecamatan Babalan, komunikasi dengan baik, ustaz dan qari terbaik, mengikutsertakan remaja. Dapat dilihat dari hasil yang dicapai pada program tersebut bahwa remaja semakin aktif ke masjid, disiplin, sopan ucap dan sikap. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program ini ialah, adanya dukungan masyarakat, sarana layak, donatur. Sementara itu, penghambatnya ialah tidak hadirnya Ustaz secara mendadak, masalah teknis seperti mati lampu, hingga adanya libur panjang nasional

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Subuh Berjamaah, Remaja, Kecamatan Babalan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:39
Last Modified: 02 Oct 2024 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22767

Actions (login required)

View Item View Item