Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD IT Robbani Rantauprapat

Albina, Meyniar (2016) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD IT Robbani Rantauprapat. Pena Cendikia: Jurnal Pendidikan, Sains, Agama dan Teknologi, 4 (1). ISSN ISSN. 2339-2721

[img] Text
8. MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen PAI.pdf

Download (419kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang masih kaku dan belum mampu membangun kondisi belajar yang kondusif merupakan masalah yang menghambat keberhasilan dalam pendidikan kita. Proses belajar mengajar yang berpusat pada guru membawa kondisi pendidikan yang stagnan. Dengan kondisi demikian,mengharapkan proses pembelajaran yang mendidik dan mampu membuka nalar berpikir anak-anak didik hanya menjadi isapan jempol belaka, bahkan, masih rendahnya kemampuan pendidik dalam mengelola kelas merupakan persoalan yang lain yang menambah kemacetan dalam pembelajaran yang dinamis dan dialogis. Kondisi tersebut terus berjalan apa adanya , alami dan tradisional karena dilaksanakan tanpa perencanaan konsep yang matang, akibat dari keadaan tersebut Pendidikan Agama Islam kurang menunjukkan hasil yang menggembirakan. Manajemen pembelajaran bertujuan untuk menciptakan proses belajar mengajar dengan mudah direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Efektif maksudnya dapat membelajarkan anak didik sehingga membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan anak didik sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan juga perkembangan selanjutnya. SDIT Robbani Rantauprapat ada pembiasaan beribadah sehari-hari, seperti sholat jama’ah, dhuha, membaca al-qur’an, dan pembiasaan-pembiasaan yang positif yang bisa mempengaruhi siswa untuk berakhlak mulia, yang semuanya itu dibiasakan dan dipantau langsung di sekolah dalam bentuk setoran (penambahan) dan disediakannya waktu untuk murajaah (ulangan/ hapalan) serta memakai buku penghubung untuk memantau kondisi di rumah masing-masing, semuanya itu dijalankan peserta didik seperti suatu kebutuhan tanpa ada beban itu terlihat dari wajah dan sikap yang diperlihatkan anak-anak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2024 19:49
Last Modified: 30 Aug 2024 23:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22635

Actions (login required)

View Item View Item