Analisis Penerapan ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba (Studi Kasus pada Yayasan Perguruan Darul Aman Kota Medan)

Anggraini, Tessa (2022) Analisis Penerapan ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba (Studi Kasus pada Yayasan Perguruan Darul Aman Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover-daftar_isi_compressed.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB_I_skripsi_Tessa.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_TESSA.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_TESSA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_TESSA_2-1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_TESSA-1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
dapus_tessa_anggraini.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep ISAK 35 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba pada Yayasan Perguruan Darul Aman Kota Medan. Konsep ISAK 35 yaitu dengan mengizinkan entitas berorientasi nirlaba menyesuaikan deskripsi yang digunakan untuk beberapa pos yang terdapat dalam laporan keuangan dan laporan keuangan itu sendiri mencakup laporan posisi keuangan, laporan penghasilan kompherensif, laporan perubahan aset neto, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Pada Yayasan Perguruan Darul Aman Kota Medan belum menerapkan atau membuat laporan keuangan sesuai dengan konsep tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyajian laporan keuangan pada Yayasan Perguruan Darul Aman yang sesuai dengan konsep ISAK 35 dan untuk mengetahui manfaat laporan keuangan yang sudah menggunakan ISAK 35 bagi Yayasan Perguruan Darul Aman. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bentuk laporan keuangan pada Yayasan Perguruan Darul Aman pada tahun 2021 sudah disesuaikan dengan konsep ISAK 35 yaitu terdiri dari Laporan Penghasilan Kompherensif, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Aset Neto, Laporan Posisi Keuangan dan Catatan atas laporan keuangan, meningkatkan kualitas laporan keuangan mereka, yang bagaimana laporan keuangan tersebut dan untuk melengkapi unsur laporan keuangan serta mempermudah untuk mengetahui surplus (defisit) aset Yayasan Perguruan Darul Aman Kota Medan dalam tahun berjalan, selain penting juga sangat membantu untuk tahun-tahun berikutnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ISAK 35 tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nirlaba, Laporan Keuangan Entitas Nirlaba
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:19
Last Modified: 27 Dec 2023 07:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item