Analisis Strategi Evaluasi Tingkat Kepuasan Dalam Menurunkan Complaint Handling Pada Bank Muamalat

Syahfitri Harahap, Rahmi and Lathief Ilhamy Nasution, Muhammad and Ahmadi Bi Rahmani, Nur (2023) Analisis Strategi Evaluasi Tingkat Kepuasan Dalam Menurunkan Complaint Handling Pada Bank Muamalat. perbankan, 9 (134). pp. 122-134. ISSN : 2461-0666, 2461-0720

[img] Text
jurnal_akhir_rahmi.pdf

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi evaluasi tingkat kepuasan dalam menurunkan complaint handling pada bank muamalat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan data primer. Pengolahan data pada penelitian yang ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion berkaitan dengan strategi Evaluasi Tingkat Kepuasan Dalam Menurunkan Complaint Handling Pada Bank Muamalat yang kemudian di analisis menggunakan teori sehingga dapat dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi pelayanan prima Bank Mumalat KCP Medan Balai Kota dalam menangani complain nasabah telah sesuai dengan SOP yang ditentukan oleh Bank pusat. Bank Muamlat KCP Medan Balai Kota memberlakukan nasabah dengan sikap yang ramah, karyawan dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab, dan memiliki kemampuan yang mumpuni. memprioritaskan nasabah prioritas dengan menyediakan fasilitas VIP. Penyebab timbulnya complain pada Bank Muamalat KCP Medan Balai Kota adalah dikarenakan erornya sistem jaringan yang ada, sehingga mengganggu kelancaran nasabah saat bertransaksi. Cara Bank Muamalat KCP Medan Balai Kota mengukur kepuasan nasabah yaitu dengan dengan dilakukan oleh tim khusus yang mengacak datang kesemua cabang di Indonesia dan melakukan penyamaran sebagai nasabah

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Strategi, Tingkat Kepuasan, Complain Handling
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 08 Dec 2023 14:27
Last Modified: 08 Dec 2023 14:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item View Item