Lembaga pendidikan Islam klasik (Kajian historis tentang madrasah Al-Mustan Ṣiriyyah)

Maryam, Lubis (2016) Lembaga pendidikan Islam klasik (Kajian historis tentang madrasah Al-Mustan Ṣiriyyah). Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Maryam Lubis's Tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian sejarah sosial, bertujuan untuk: 1.) Mengetahui konteks politik, sosial-ekonomi, religius dan intelektual pendirian Madrasah al-Mustanṣiriyyah 2.) Mengetahui sistem pendidikan di Madrasah al-Mustanṣiriyyah. 3.) Mengetahui relevansi Madrasah al- Mustanṣiriyyah bagi pendidikan tinggi Islam sesudahnya. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka. Adapun hasil penelitian: Madrasah al-Mustanṣiriyyah terletak di tepi sungai Dajlah (Tigris), didirikan oleh al-Mustanṣir Bi Allāh bin al-Ẓāhir (588 H/1192 M- 640 H/ 1242 M) pada tahun 625 H/ 1227 M, Konstruksinya sempurna pada bulan Rabiul Akhir dan mulai dioperasionalkan pada hari Kamis tanggal 20 bulan Rajab tahun 631 H/ 1234 M. Tujuan pendirian Madrasah al-Mustanṣiriyyah untuk meningkatkan pendidikan kaum Muslim, mengukuhkan ideologi negara dan dukungan masyarakat terhadap penguasa. Kondisi pendirian Madrasah al-Mustanṣiriyyah berada pada situasi politik yang tidak stabil, dan berdampak terhadap konteks sosial-ekonomi, religius dan intelektual pada masyarakat Bagdad. Periodisasi sejarah madrasah yaitu: Periode awal hingga runtuhnya dinasti Abbasiyah (631 H-656 H/ 1233 M-1258 M), Sepanjang kekuasaan Ilkhan Mongol (656 H- 738 H/ 1258 M-1337 M), Jatuhnya kekuasaan Ilkhan Mongol (793 H/ 1338 M). Secara kelembagaan, Madrasah al-Mustanṣiriyyah adalah modern dengan kurikulum fikih empat mazhab Sunni, dan banyak fakultas. Adapun metode pembelajarannya yaitu: hafalan, tulisan, diskusi, observatoriun, dan seminar. Materi pelajaran terdiri dari kelompok ilmu agama, kelompok ilmu sastra, ilmu fisika dan ilmu ‘aqliyyah. Kelas dan asrama siswa diklasifikasikan sesuai usianya. Evaluasi belajar dengantes lisan dan siswa memperoleh ijazah. Fasilitas-fasilitas: gedung madrasah empat mazhab fikih, masjid, fakultas kedokteran, lembaga Dār al-Qur’ān dan Dār al-Ḥadīṡ, kantor, perpustakaan, rumah sakit, dapur umum, kamar mandi, lampu-lampu, ruang pendingin air minum, kantin makanan dan minuman, ruang obat-obatan, serta jam dinding, dan lain-lain.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 Sep 2017 07:27
Last Modified: 19 Sep 2017 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item