Nasution, Sahkholid (2015) Anwa’ manahij [Al-muqarrar Al-dirasiy] ta’lÎm Al-lughah Al-‘arabiyah Li ghair Al-nathiqina biha. UMPress, Malang - Indonesia. ISBN 9789794958131
|
Text
13. Prosiding Seminar Nasional Konasbara - Sahkholid Nasution 2015.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Didalam silabus pembelajaran bahasa Arab terdapat tema-tema pokok yang sekaligus mencerminkan jenis pendekatan yang dipakai penulisnya. Tema-tema pokok tersebut kemudian akan tertuang di dalam daftar isi buku ajar bahasa Arab. Masalah yang muncul adalah sering terjadi ketidakrelevanan antara keinginan guru dan atau murid untuk mengajarkan dan atau menguasai keterampilan bahasa tertentu dengan buku ajar yang dipakai, Hal ini bisa jadi disebabkan ketidaktahuan pengguna buku ajar bahasa Arab tersebut. Misalnya ingin menguasai maharah kalam, tetapi buku ajar yang dipakai berbasis nahwu, sehingga tujuan yang ingin diperolah tidak tercapai secara maksimal. Tulisan ini ingin mengetengahkan jenis-jenis silabus (tema-tema pokok) dalam buku pembelajaran bahasa Arab, sehingga diharapkan mampu menjadi pedoman bagi pelajar dan pebelajar bahasa Arab untuk menentukan buku ajar yang ingin dipakainya dan relevan dengan tujuan/kemahiran yang ingin dicapai/dikuasanya. Metodologi yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Diantara kesimpulannya adalah ada empat jenis silabus; nahwiy, mawaqif, fikrah dan muta’ddi al-ab’ad.
Jenis Item: | Buku |
---|---|
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Sahkholid Nasution |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 07:25 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 04:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |