Pengaruh Laba Kotor, Laba Orasi, dan Laba Bersih untuk Memprediksi Arus Kas Masa Mendatang (Studi Kasus pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)

Sasmita, Seli (2022) Pengaruh Laba Kotor, Laba Orasi, dan Laba Bersih untuk Memprediksi Arus Kas Masa Mendatang (Studi Kasus pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba kotor, laba operasi, dan laba bersih dalam memprediksi arus kas di masa mendatang (studi pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diakses melalui www.idx.ac.id. Populasi penelitian berjumlah 10 perusahaan farmasi dan sampel penelitian sebanyak 8 perusahaan yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling selama 5 tahun sehingga jumlah sampel sebanyak 40 data pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diuji menggunakan SPSS 26. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu: (1) Dari hasil uji regresi, koefisien regresi variabel Laba Kotor bernilai positif. Hal ini berarti adanya pengaruh positif antara Laba Kotor dengan Arus Kas masa mendatang. Diketahui nilai Sig, menunjukkan angka yang lebih kecil dari nilai signifikansi.maka laba kotor secara parsial berpengaruh terhadap prediksi arus kas masa mendatang, (2) Dari hasil uji regresi, koefisien regresi variabel Laba Operasi tidak berpengaruh dengan Arus Kas masa mendatang. Nilai probabilitas sig. lebih besarnilai signifikansi, maka laba operasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap prediksi arus kas mas mendatang, (3) Dari hasil uji regresi, koefisien regresi variabel Laba Bersih berpengaruh positif dengan Arus Kas masa mendatang. Nilai probabilitas sig. lebih kecil dari nilai signifikansi dan koefisien positif, maka laba operasi secara parsial berpengaruh positif terhadap arus kas masa mendatang, (4) Dari uji F diperoleh nilai adalah sebesar 122,176 dengan tingkat signifikansi 0,000. Diketahui nilai Sig. menunjukkan angka yang lebih kecil dari nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Dengan demikian disimpulkan bahwa Laba Kotor, Laba Operasi, dan Laba Bersih berpengaruh simultan dalam memprediksi Arus Kas masa mendatang, dan (5) Laba Kotor, Laba Operasi, dan Laba Bersih dapat memberikan pengaruh terhadap prediksi Arus Kas masa mendatang sebesar 90,3%. Sedangkan sisanya sebesar 9,7% dijelaskan dan dapat dipengaruhi oleh faktor dan variabel lain diluar penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:02
Last Modified: 04 Sep 2023 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item