Yulita, Fauziah (2021) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak-anak Keluarga Pekerja Migran Indonesia: Studi Kasus di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER (1).pdf Download (976kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (329kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia, untuk mengetahui problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia, mengetahui upaya dalam mengatasi problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah orang tua yang bekerja sebagai pekerja migran, keluarga asuh, serta anak dari pekerja migran di Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta menarik kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak keluarga pekerja migran Indonesia sudah terlaksana dengan baik dan sudah sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan dipercayakan kepada pengasuh yaitu ayah atau nenek. Untuk mendukung pendidikan agama anak, anak dimasukkan ke sekolah formal dan non formal. Pendidikan Islam dalam keluarga menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode nasihat.Pola pengasuhan yang digunakan adalah pola asuh demokratis. problematika yang dihadapi berasal dari faktor internal dan eksternal. Upaya untuk mengatasi problem tersebut yang paling efektif menggunakan nasihat yang sering diberikan kepada anak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam Keluarga, Anak-anak, Pekerja Migran Indonesia |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 02 Jun 2023 08:29 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 08:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19437 |
Actions (login required)
View Item |