Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Mind Map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada aspek alquran di kelas VII SMP Negeri 28 Medan

Irwan, Irwan (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Mind Map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada aspek alquran di kelas VII SMP Negeri 28 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Irwan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan kualitas pendidikan tidak terlepas dari motivasi peserta didik. Dengan munculnya motivasi belajar yang baik memberikan pengaruh yang signipikan terhadap hasil pembelajaran. Untuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang oftimal diperlukan pembelajaran yang benar-benar kondusif. Namun pada kenyataannya ditemukan berbagai kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama dalam hal motivasi dan hasil belajar. Rendahya motivasi dan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama dipicu oleh strategi pembelajaran yang kurang mendukung serta setting kelas yang belum mampu membangkitkan motivasi siswa untuk aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Karena itu perlu ada upaya untuk mengatasinya salah satunya dengan mengubah model pembelajaran yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui strategi mind map. Terbukti dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dan strategi mind map dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Pedidikan Agama Islam di kelas VII-b SMP Negeri 28 Medan, dari rendah menjadi tinggi. Demikian juga halnya dengan hasil belajar meningkat dari rata-rata 5,17 menjadi 8,31. Selain dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar menerapkan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memberi peluang kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi sosial dan intelektualnya melalui komunikasi, diskusi dan presentasi baik dikalangan sesama kelompoknya maupun dengan kelompok lainnya di dalam kelas. Menerapkan strategi pembelajaran mind map pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terlebih-lebih pada aspek yang mengandung materi yang luas serta menuntut peserta didik untuk menguasai ranah kognitif seperti materi Alquran sangat tepat, karena strategi mind map membantu pesera didik untuk mengingat dan mengembangkan pengetahuan yang telah diperolehnya melalui gambar atau peta yang disenanginya. Dengan strategi mind map juga membuat peserta didik tidak mudah jenuh belajar, karena memfungsikan dua belahan otak yaitu otak kanan dan otak kiri. Guru-guru agama Islam penting menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam melaksanakan tugas keguruannya agar proses dan hasil pembelajaran lebih berqualitas salah satunya pembelajaran kooperatif dengan strategi mind map.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:48
Last Modified: 18 Jul 2017 07:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item