Manajemen pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kuala Madu Langkat - Binjai

Anis, Mohd. (2013) Manajemen pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kuala Madu Langkat - Binjai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Moh. Anis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi manajemen pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kuala Madu Langkat Binjai. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemukan melalui studi dokumen, wawancara dan pengamatan. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan, keterandalan dan konfirmatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyejikan dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Temuan penelitian ini ada lima, yaitu: 1. Perencanaan manajemen pembelajaran akhlak dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang penjabarannya melalui standar isi menjadi analisis mata pelajaran yang dilaksanakan oleh guru bidang studi akhlak tertata dengan baik sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. 2. Pengorganisasian, pondok pesantren membuat pembagian tugas guru dan pegawai serta jadwal kegiatan-kegiatan pendukung proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Penempatan guru-guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensinya untuk mengampu mata pelajaran dan muatan tambahannya. 3. Pada proses pelaksanaan, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan muatan tambahannya dengan memberdayakan guru, pegawai dan sarana yang ada dikelas sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada. 4. Pada pelaksanaan proses pengawasan yang dilaksanaan seiring dengan proses pembelajaran dilakukan dengan terjdwal dilakukan oleh kepala sekolah melalui program monitoring dan supervisi. Dalam pengawasan ini jika ditemukan kendala dalam proses pembelajaran akan diantisipasi langsung dan sekaligus pencapaian tujuan secara efektif dan eisien. 5. Evaluasi manajemen pembelajaran akhlak dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran siswa setiap harinya sehingga apabila ada siswa yang belum mencapai target pembelajaran dapat dilakukan tindakan khusus, terutama afektif dan psikomotorik

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:29
Last Modified: 12 Jul 2017 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item