Salabi, Agus Salim (2013) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
Tesis Agus Saim.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri di Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis, dan membuat interpretasi data yang ditemukan melalui studi dokumen, wawancara, dan pengamatan. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keterandalan dan konfirmatif. Berdasarkan hasil penelitian di Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen tentang pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri Pesantren Az-Zahrah Bireuen dapat digambarkan sebagai berikut: 1. Perencanaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen dilakukan dengan cermat dan teliti, baik berkaitan dengan karakteristik sarana dan prasarana yang dibutuhkan, jumlahnya, jenisnya dan kendalanya (manfaat yang didapatkan), beserta harganya. Tujuan diadakannya perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di Pesantren Az-Zahrah Bireuen adalah: (1) untuk menghindari terjadinya kesalahan dan kegagalan yang tidak diinginkan dan, (2) untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam pelaksanaannya. 2. Pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen dimaksudkan untuk menghindari gesekan-gesekan dan tumpang tindih dalam melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pihak Yayasan selaku pengambil kebijakan. Dengan mengedepankan prinsip pengorganisasian, maka tugas dan tanggung jawab dalam mengelola sarana dan prasarana di pesantren terbagi sesuai dengan bidang, wewenang dan tanggung jawab masing-masing penanggung jawab. Dalam hal ini, PKM Administrasi dan Sarana Prasarana diberi wewenang yang luas dalam mengelola sarana dan prasarana di masing-masing satuan pendidikan. 3. Pelaksanaan Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen meliputi: pengadaan, pendistribusian, pemakaian dan pemeliharaan, serta inventarisasi. Dalam aspek inventarisasi, pesantren hanya memiliki buku induk inventaris barang, berdasarkan urutan tanggal penerimaan atau pengadaan, dan buku catatan barang non inventaris (barang habis pakai). Semestinya adminstrasi dalam inventarisasi dapat ditambah berupa buku golongan barang inventaris, kartu inventaris barang, dan kartu inventaris ruang. Sementara aspek penghapusan belum dikelola secara baik. 4. Pengawasan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan santri Pesantren Modern Az-Zahrah Bireuen dilakukan dalam bentuk kegiatan pengamatan, pemeriksaan dan penilaian terhadap pelaksanaan administrasi sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan pesantren untuk menghindari penyimpangan, penggelapan dan penyalahgunaan. Panduan pengawasan pada pesantren A-Zahrah hanya berupa dokumen sederhana yang menggambarkan tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang digambarkan secara global.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 04:25 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 04:25 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1800 |
Actions (login required)
View Item |