Penerapan Metode Electre pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Program Mekaar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Aulia, Fitri (2022) Penerapan Metode Electre pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Program Mekaar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
File 1 Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2 Bab 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
File 3 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
File 4 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
File 5 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
File 6 Bab 5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
File 7 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (781kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian: (i) menerapkan metode electre dalam menentukan penerima bantuan program mekaar untuk umkm, (ii) menghasilkan sistem pendukung keputusan penerima bantuan program mekaar untuk umkm menggunakan metode electre. Dalam mendukung umkm, maka diberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro di Indonesia. Salah satunya melalui bantuan program mekaar yaitu dari solusi pemerintah melalui lembaga PNM Mekaar untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi masyarakat yang ingin memulai usaha atau sudah memiliki usaha agar memiliki prospek usaha lebih meningkat. Pada penelitian ini diambil sebanyak 10 responden dan kriteria yang dimiliki sebanyak 8 kriteria meliputi status usaha, penghasilan, umur, jumlah tanggungan, status rumah, jenis lantai, jenis dinding, dan jenis atap. Teknik pengumpulan data melalui observasi di dusun Suka Rukun Bagan Sinembah dan di dukung dengan angket form identitas responden sebagai bahan untuk pengujian metode. Metode SPK yang digunakan yaitu metode electre (Elimination Et Choix de Traduisant La Realite). Bahasa Pemograman yang digunakan yaitu PHP dan database MySql. Hasil penelitian berdasarkan analisis metode electre dengan 10 alternatif diperoleh alternatif ke-7 (A7) menjadi responden pertama yang layak sebagai nilai keputusan dalam penerima bantuan umkm sesuai dengan batas range.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Electre, SPK, Mekaar.
Subjects: 000 Generalities > 004 Data processing Computer science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:03
Last Modified: 28 Feb 2023 04:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item