Implementasi Program Pelayanan antenatal care (ANC) pada masa pandemi covid-19 di puskesmas deli tua kabupaten deli serdang

Rizqina, Fithri Awliya (2022) Implementasi Program Pelayanan antenatal care (ANC) pada masa pandemi covid-19 di puskesmas deli tua kabupaten deli serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER FITHRII-1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 1 FITHRI AWLIYA RIZQINA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB 2 FITHRI AWLIYA RIZQINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB 3 FITHRI AWLIYA RIZQINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB 4 FITHRI AWLIYA RIZQINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
WISUDA FITHRI AWLIYA RIZQINA 2.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Dokumen (117).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi covid -19 berdampak ke pelayanan kesehatan terutama upaya pencegahan kematian pada seluruh siklus hidup termasuk kematian ibu yang menjadi indikator yang menentukan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu adalah dengan menjalankan pelayanan antenatal care. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dalam pelaksanaan program pelayanan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Deli Tua pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan sebuah pendekatan sistem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara untuk wawancara informan terkait pelaksanaan Antenatal Care program selama pandemi Covid-19 serta mengamati dan meninjau dokumen. Informan adalah penanggung jawab program kesehatan ibu dan anak, Kepala Puskesmas, dan ibu hamil selama pandemi COVID-19. Analisis data dilakukan dilakukan dengan analisis domain, yaitu untuk memperoleh gambaran umum dan menyeluruh tentang penelitian tema diperoleh dari wawancara, catatan lapangan dari telaah dokumen dan hasil observasi, sehingga dapat lebih mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cakupan ANC di Puskesmas Deli Tua menurun selama pandemi Covid-19. Penurunan cakupan ANC adalah disebabkan adanya perubahan pelaksanaan pelayanan ANC dan hal ini terlihat dari input, proses,keluaran. Puskesmas terus melakukan upaya sosialisasi dan kunjungan rumah ke rumah untuk memastikan kunjungan ke Puskesmas mendapatkan ANC selama masa pandemi Covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:48
Last Modified: 23 Feb 2023 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17712

Actions (login required)

View Item View Item