Peran Kempemimpinan Islam dalam Perubahan Sosial Budaya (Studi Terhadap Peran Tokoh Agama Islam di Kota Padangsidimpuan)

Sihombing, Arlin (2022) Peran Kempemimpinan Islam dalam Perubahan Sosial Budaya (Studi Terhadap Peran Tokoh Agama Islam di Kota Padangsidimpuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (766kB)

Abstract

Perubahan sosial masyarakat merupakan perubahan pola perilaku masyarakat. Perubahan yang terjadi dapat mengarah ke positif maupun negatif, sehingga membutuhkan peran tokoh agama dalam membimbing masyarakat dan meperkuat agar memiliki sikap keberagamaan yang baik. Apabila perkembangan kehidupan masyarakat khususnya kalangan remaja di zaman teknologi informatika. Menuntut kesadaran yang lebih tinggi akan nilai sosial keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan terhadap perubahan sosial budaya menurut perspektif Islam, kepemimpinan merupakan tanggung jawab menuntun, membimbing, dan mengarahkan pengikutnya dalam mencapai ridha Allah Swt. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran tokoh agama Islam terhadap masyarakat yang dipimpin dalam perubahan sosial budaya masyarakat kota Padangsidimpuan. Sehingga tokoh agama Islam bertanggung jawab memberikan perubahan terhadap masyarakat. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif peneliti melihat peran tokoh agama Islam dalam perubahan sosial budaya masyarakat yaitu bertanggung jawab dalam membangun masyarakat dengan sikap keberagamaan yang baik, seperti menanamkan nilai-nilai akhlak mulia dengan berpedoman kepada ajaran-ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasul saw. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tokoh agama Islam memiliki peran yang penting dalam perubahan sosial budaya masyarakat kota Padangsidimpuan. Karena mereka dipandang memiliki pemahaman agama yang lebih tinggi, serta mempunyai peran melalui beberapa aspek yaitu:1.) Aspek pendidikan, mendirikan sarana pendidikan berbasis Islam, bertujuan untuk mengarahkan anak-anak sejak dini memahami dasar-dasar ilmu keagamaan Islam. 2.) Aspek keteladanan, menjadi penengah dalam setiap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat.3.) Aspek politik, rutin memberikan sarana dan masukan kepada pemerintah maupun legislatif guna memajukan pembangunan Kota Padangsidimpuan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepemimpinan, Tokoh, Agama, Perubahan, Sosial, Budaya
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.32 Islam dan Politik Ringkasan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 22 Feb 2023 05:26
Last Modified: 22 Feb 2023 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17664

Actions (login required)

View Item View Item