Kontribusi Pengetahuan Manajemen Pembelajaran Dan Penerapan Misi Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mts Darul Ilmi Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang

Azmi, Heri (2010) Kontribusi Pengetahuan Manajemen Pembelajaran Dan Penerapan Misi Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mts Darul Ilmi Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Heri Azmi.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran dan penerapan misi madrasah sangat mempengaruhi kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) kontribusi pengetahuan manajemen pembelajaran terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis, (2) kontribusi penerapan misi madrasah terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis, dan (3) kontribusi pengetahuan manajemen pembelajaran dan penerapan misi madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar pada tahun ajaran 2009-2010 di MTs Darul Ilmi Batang Kuis yang berjumlah 31 orang.Sampel penelitian ini di tetapkan sejumlah 31 orang atau dikenal dengan istilah penelitian populasi.Instrumen yang di gunakan untuk mengumpulkan data ialah tes dan angket (kuesioner) model Skala Likert.Sebelum digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu instrumen penelitian dilakukan uji coba untuk mendapatkan instrumen yang valid dan reliabel.Teknik analisis data yang di gunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi yang dilakukan dengan bantuan Program SPSS versi 11,0.Seluruh pengujian menggunakan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kontribusi pengetahuan manajemen pembelajaran terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis.Hasil kajian empirik menunjukkan bahwa variabel pengetahuan manajemen pembelajaran menunjukkan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 12,4% dengan model persamaan regresi yang terbentuk Ŷ = 50.294 + 1,151X. Walaupun kontribusi pengetahuan manajemen pembelajaran terhadap kinerja guru berada pada katagori rendah,namun setelah dilakukan pengujian signifikansi dan keberartian maka pengetahuan manajemen pembelajaran signifikan dan berarti terhadap kinerja guru, (2) terdapat kontribusi penerapan misi madrasah terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis.Hasil kajian empirik menunjukkan bahwa variabel penerapan misi madrasah menunjukkan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 23,96% dengan model persamaan regresi yang terbentuk Ŷ = 26,023 + 0,571X2. Walaupun kontribusi penerapan misi madrasah terhadap kinerja guru pada kategori sedang,namun setelah dilakukan pengujian signifikansi dan keberartian maka variabel penerapan misi madrasah signifikan dan berarti terhadap kinerja guru, dan (3) terdapat kontribusi pengetahuan manajemen pembelajaran dan penerapan misi madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Darul Ilmi Batang Kuis.Hasil kajian empirik menunjukkan bahwa variabel pengetahuan manajemen pembelajaran dan variabel penerapan misi madrasah menunjukkan F hitung sebesar 7,376 dengan sig 0,003 < alpha 0,05 dengan model persamaan regresi yang terbentuk yakni Ŷ = 24,992 + 0,362 X1 + 0,514 X2.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 21 Jun 2017 05:11
Last Modified: 21 Jun 2017 05:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item