Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bendahara Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang

Faizah, Faizah (2013) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bendahara Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img] Text
tesis Faizah.docx

Download (282kB)

Abstract

Manajemen pembelajaran terdiri dari lima kegiatan, perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bendahara Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, untuk mengetahui bagaimana guru-guru pendidikan agama Islam membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik, teknik pengumpulan data menggunakan metode obsesrvasi, wawancara dan kajian dokumen. Sedangkan sumber data adalah orang yang merespon atau menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti baik pertanyaan secara tertulis maupun cecara lisan yaitu siswa, guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Sebagai kesimpulan ditemukan bahwa, manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bendahara ada sepuluh temuan hasil penelitian yakni, 1) perencanaan Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan analisis alokasi waktu yang ditetapkan dari hasil pemetaan kompetensi dasar per unit menurut karakteristik siswa dan kondisi sekolah, 2) komponen-komponen perangkat pembelajaran dibuat dengan mengacu pada stadar isi dan kurikulum tingkat satuan pendidikan, 3) pengorganisasian pembelajaran dimuali dari penentuan guru dan jumlah jam pembelajaran dengan menentukan guru yang mengasuh mata pelajaran pendidikan agama Islam, menentukan jumlah jam yang dibutuhkan serta fasilitas dan tempat yang diperlukan, 4) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, 5) kegiatan inti, 6) kegiatan penutup, 7) pengawasan pembelajaran meliputi supervisi bulanan untuk mengetahui kondisi pembelajaran Pendidikan agama Islam dan pengawasan harian dengan diberlukan sistem piket, pengawasan administrasi seperti absen kehadiran guru, dan absen kehadiran siswa, 8) evaluasi pembelajaran pada penilaian proses belajar dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung. 9) penilaian hasil belajar merupakan proses untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran, 10) penilaian praktek dilakukan dengan materi kegiatan praktek ibadah sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:40
Last Modified: 13 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item