Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Alquran Hadis

Arlina, Arlina and Oktafera, Annisa and Maharani, Alya Wira and Rangkuti, Nur Adilah and Putri, Anisa (2022) Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Alquran Hadis. Al-Ubudiyah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3 (2). ISSN O: 2809-7459 P : 2745-7796

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pembelajaran inkuiri bertujuan untuk melatih peserta didik untuk berpikir secara mandiri dan memecahkan masalah sendiri. Strategi pembelajaran inkuiri menitikberatkan pada peserta didik diberi kebebasan dalam berfikir secara kritis yaitu dengan cara mencari data sendiri dan memecahkan suatu masalah sendiri untuk mencapai pembelajaran yang lebih menarik serta murid merasakan keterlibatannya di dalam pembelajaran. pembelajaran inkuiri ini sangat penting bagi siswa, karena siswa dituntut untuk memiliki ikatan yang luas atau bebas, dengan pembelajaran yang mereka lakukan, dengan pendekatan inkuiri ini mereka akan mendapatkan dan menemukan ide-ide yang baik dan bermanfaat serta kekompakan dalam mewujudkan tali, menjalin silaturahmi dengan grup yang terdiri dari beberapa orang. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif yang berarti mengumpulkan data yang bersifat deskriptif dan analisis. Strategi pembelajaran inkuiri ini dapat merangsang cara berpikir anak yang lebih aktif. Melalui strategi pembelajaran inkuiri peserta didik dapat berpikir secara independensi dan mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya dalam bepikir. Maka strategi pembelajaran inkuiri sangat baik bagi peserta didik karena peserta didik dapat kesempatan untuk berpendapat dan dilatih dalam memecahkan masalah secara independen

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: metode kualitatif, tujuan inkuiri, manfaat
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:45
Last Modified: 13 Jan 2023 07:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item