Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk pemenuhan standar nasional pendidikanpada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Siregar, Ansari (2012) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk pemenuhan standar nasional pendidikanpada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Isi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 10 Takengon dan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Proses pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 10 Takengon dan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 10 Takengon. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen kunci, oleh karena itu peneliti berperan aktif dalam mengumpulkan data yang berbentuk gambar atau kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan beberapa langkah yaitu dengan cara penyusunan data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Untuk mencapai keterpercayaan data penelitian yang telah dikumpulkan dilakukan dengan derajat keterpercayaan (kredibilitas), keteralihan (transferabilitas), kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (konfirmabilitas). Hasil penelitian ini adalah: 1. Bahwa Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Isi, guru PAI mengajarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran pendidikan agama Islam yang sudah dikembangkan oleh sekolah. 2. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Proses dari penyusunan RRP guru PAI SMPN 10 Takengon mengadopsi RPP yang dibuat oleh pusat dan belum mampu menjabarkannya sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa. 3. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan, bahwa pada ujian akhir sekolah tahun 2012, siswa kelas IX mencapai target nilai rata-rata 8,00, dari nilai KKM 7,5.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 05 Jun 2017 08:21
Last Modified: 05 Jun 2017 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item