Hubungan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat

M. Hasbullah, M. Hasbullah (2011) Hubungan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis M. Hasbullah.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Langkat berjumlah 200 orang pada tahun 2011. Sample penelitian ini ditetapkan sejumlah 132 orang guru berdasarkan tabel Krejcie Morgan. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling (acak sederhana). Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sample penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 terdiri dari 30 butir seluruhnya valid, variabel X2 terdiri dari 24 butir seluruhnya valid serta variabel variabel Y terdiri dari 21 butir seluruhnya valid. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2 diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai p < 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi kepala madrasah maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dengan Y sebesar 0,172 dan determinasi X1 terhadap Y = 3,0 %. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi guru terhadap koordinasi tugas kepala madrasah, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X2 dengan Y sebesar 0,441 dan determinasi X2 terhadap Y = 0,194. Ketiga, Terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat. Hal ini berarti semakin baik persepsi guru terhadap supervisi dan koordinasi tugas kepala madrasah secara bersama-sama, maka semakin tinggi efektivitas pembelajaran guru. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar 0.453. dan determinasi X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y = 20,5 %.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 May 2017 08:23
Last Modified: 31 May 2017 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item