Pola pembelajaran qawā’id bahasa Arab di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal

Waldi, Irfa (2014) Pola pembelajaran qawā’id bahasa Arab di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk (1) Mengetahui pola pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah Purba Baru kabupaten Mandailing Natal, (2) Mengetahui faktor-faktor pendukung pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah Purba Baru kabupaten Mandailing Natal, (3) Mengetahui faktor-faktor penghambat pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah Purba Baru kabupaten Mandailing Natal, (4) Mencari solusi/pemecahan bagi penghambat pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah Purba Baru kabupaten Mandailing Natal. Analisa data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif model interaktif dari miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah bertujuan agar peserta didik/santrinya dapat membaca dan memahami kitab kuning secara mandiri. Kurikulum qawā’id bahasa Arab yang diajarkan ialah kurikulum pesantren dan tidak pernah mengikuti kurikulum yang lain. Materi yang diajarkan oleh guru terdapat pada delapan kitab, empat kitab yang berkaitan dengan ilmu nahwu dan empat kitab berkaitan dengan ilmu Ṣarf. Metode atau strategi yang digunakan ialah metode naẒariyah al-furū’ dengan artian bahwa pembelajaran qawā’id bahasa Arab tersebut dibagi kepada beberapa mata pelajaran. Sedangkan metode yang dilakukan oleh guru dalam mengajarkan materinya bukan hanya metode ceramah, namun didapati juga metode tanya jawab, drill, dan penugasan. Faktor-faktor yang menjadi pendukung pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah ialah berupa alokasi waktu yang dilebihkan dari mata pelajaran yang lain. Dan banyaknya kegiatan yang dilakukan para santri yang berkaitan dengan pembelajaran qawā’id bahasa Arab, seperti mużākarah dan mengaji. Bahkan di dalam perpustakaan disediakan lebih dari duapuluh judul kitab yang berkaitan dengan qawā’id bahasa Arab.Faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran qawā’id bahasa Arab di pesantren musthafawiyah hanya lebih fokus pada minat belajar santri. Solusi yang dilakukan oleh guru yang menghadapi hal tersebut di atas dengan melaksanakan beberapa metode dalam menyampaikan materi pelajaran. Dan juga mengadakan pelatihan, yang diharapkan setelah proses pelatihan mereka lebih tertarik belajar bahkan mengajarkan qawā’id bahasa Arab kepada adek-adek kelasnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 May 2017 06:22
Last Modified: 31 May 2017 06:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item