The Effect of Smartphone Addiction on Communication with Peers in Madrasah Tsanawiyah

Khasanah, Rikatul and Daulay, Nurussakinah (2022) The Effect of Smartphone Addiction on Communication with Peers in Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (3). pp. 5549-5556. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

[img] Text
DOC-20220526-WA0001..pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh smartphone addiction terhadap kemampuan komunikasi dengan teman sebaya di MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Sidodadi. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 52% dari total populasi 299 siswa, dengan kriteria lanjutan bahwa siswa yang memiliki smartphone berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan skala smartphone addiction dan skala komunikasi teman sebaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan negatif antara pengaruh smartphone addiction dengan kemampuan komunikasi teman sebaya, hal ini berdasarkan hasil analisa menggunakan teknik product moment yang diperoleh nilai rhitung = - 0,7118 < rtabel = 0,159. Kesimpulannya, yaitu semakin tinggi penggunaan smartphone, maka semakin rendah kemampuan komunikasi dengan teman sebaya pada siswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah penggunaan smartphone, maka semakin tinggi kemampuan komunikasi dengan teman sebaya pada siswa. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Smartphone Addiction, Teman Sebaya.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Smartphone Addiction, Teman Sebaya.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:28
Last Modified: 21 Dec 2022 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item