Peran Jaringan Indonesia Positif Dalam Penyuluhan Human Immundeficiency Virus (HIV) di Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang

Zahara, Raudhatul (2022) Peran Jaringan Indonesia Positif Dalam Penyuluhan Human Immundeficiency Virus (HIV) di Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1 skripsi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
bab 2 skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
bab 3 skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
bab 4 skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
bab 5 skripsi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
dafput-lampiran.pdf

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran Jaringan Indonesia Positif Deli Serdang dalam melakukan penyuluhan HIV kepada masyarakat agar tidak adanya permasalahan-permasalahan mengenai HIV dikarenakan kurangnya informasi yang benara mengenai HIV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Jaringan Indonesia Positif dalam penyuluhan Human Immundeficiency Virus (HIV) di Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pedekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi langsung dari sasaran penelitian. Hasil-hasil di lapangan diperoleh peran Jaringan Indonesia Positif dalam penyuluhan HIV di Kecamatan Tanjung Morawa merupakan peran yang aktif karena JIP melakukan penyuluhan tersebut secara langsung dengan strateginya sendiri. Strateginya yaitu dengan melakukan penyuluhan terlebih dahulu kepada mitra ataupun perangkat desa yang ada di setiap desa di Kecamatan Tanjung Morawa. Dengan menggunakan metode dan media penyuluhan HIV pada umumnya, dengan durasi yang disesuaikan dengan situasi objek penyuluhan. Dalam penyuluhan HIV memberikan edukasi dasar kepada masyarakat tentang apa itu HIV dan lainnya. Jangka waktu penyuluhan awal dengan penyuluhan selanjutnya berkisar satu bulan. Hambatan yang dirasakan JIP dalam melakukan penyuluhan adalah susahnya mengumpulkan orang-orang untuk mengikuti penyuluhan HIV. Tetapi, penyuluhan yang dilkukan JIP sudah memiliki hasilnya yaitu terbentuknya Warga Peduli Aids (WPA) yang nantinya akan membantu JIP untuk melakukan penyuluhan ataupun menangani permasalahan HIV yang ada di setiap desa Kecamatan Tanjung Morawa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:50
Last Modified: 07 Dec 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item