Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Di Desa Tempel Jaya Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun)

Putri, Rizky Ramadhani (2022) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Di Desa Tempel Jaya Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (862kB)
[img] Text
PDF (BAB I).pdf

Download (794kB)
[img] Text
PDF (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
PDF (BAB III) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
PDF (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
PDF (BAB V).pdf

Download (414kB)
[img] Text
PDF (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (749kB)

Abstract

Hadirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, maka penyelenggaraan pemerintahan desa disesuaikan dengan peraturan perundang- undangan tersebut, termasuk diantaranya tentang dana desa. Untuk mengoptimalkan pengelolaan dana desa tersebut, maka diperlukan pengawasan dari masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pengawasan pengelolaan dana desa diperlukan karena masyarakat memahami tentang kondisi dan kebutuhan desa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis empiris atau yang dengan istilah lain biasa disebut pula dengan penelitian lapangan.Suatu penelitian yang bertitik tolak dari data primer/dasar, yakni data yang diperoleh langsung dari masyarakat sebagai sumber pertama dengan melakukan penelitian lapangan, yang dilakukan melalui pengamatan (observasi), wawancara serta dokumentasi khususnya di Desa Tempel Jaya Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun. Hasil penelitian Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa yang dilakukan di Desa Tempel Jaya Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun di tahap perencanaan dan pengawasan dapat dikatakan masih kurang efektif karena belum seluruh lapisan masyarakat ikut berpatisipasi dalam perencanaan pengelolaan dana desa dengan memberi saran tentang pembangunan yang seharusnya dilaksanakan. Tetapi partisipasi masyarakat dalam pengawasan pengelolaan dana desa di tahap pembangunan, masyarakat tergolong aktif karena masyarakat mengawasi tahap pelaksanaan pembangunan dan membuat laporan pengaduan jika menurut mereka ada kesalahan. Dalam Islam keterlibatan masyarakat sangat diperlukan guna untuk memajukan kesejahteraan,Yang mana telah dibicarakan didalam potongan Alqur’an dijelaskan surat Ar-Ra’d ayat 11, yang mana ayat ini jelas bahwa jika suatu kaum (bangsa) ingin berubah maka kaum ini harus berusaha terlebih daulu berusaha bagaimana kaum ini dapat mencapai keinginannya atau menyusun rencana apa-apa saja yang harus mereka lakukan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Di dalam Fiqh siyasah partisipasi masyarakat seharusnya hanya mengejar satu tujuan utama,yaitu kesejahteraan umat,dalam hal ini masyarakat Desa Tempel Jaya belum secara optimal melakukan kemaslahatan dalam fiqh siyasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, pengawasan, dana desa, fiqh siyasah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:04
Last Modified: 06 Dec 2022 06:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16473

Actions (login required)

View Item View Item