Nasution, Fitri Khairani and Daulay, Nurussakinah (2022) The Influence of Academic Resilience and Student Well-Being on Smartphone Addiction. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (3). pp. 4415-4422. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
JURNAL FITRI KHAIRANI NASUTION .pdf Download (300kB) |
Abstract
Berbagai permasalahan yang dialami siswa di sekolah seperti banyaknya tekanan akademik yang sulit dihadapi akan memicu stres pada siswa dan mengalihkan stresnya dengan bermain smartphone secara berlebihan, sehingga akan berdampak negatif pada kehidupannya. Untuk mencegah kecanduan smartphone, dibutuhkan faktor pelindung diri, yaitu resiliensi akademik dan kesejahteraan psikologis siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh resiliensi akademik dan kesejahteraan siswa terhadap smartphone addiction di MTs Nurul Islam Indonesia. Subjek penelitian ini berjumlah 198 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan variabel resiliensi akademik terhadap smartphone addiction sebesar t(-6.448), p= 0.00 (p<0,05), dan secara signifikan dengan nilai 0,000<0,05 dan besar pengaruh 21,5% terhadap smartphone addiction. Namun, tidak terdapat pengaruh signifikan kesejahteraan siswa terhadap smartphone addiction t(1.208), p = 0.0229 (p>0,05).
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesejahteraan Siswa, Resiliensi Akademik, Smartphone Addiction. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 03:35 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 03:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16278 |
Actions (login required)
View Item |