Aflah, Hariyu and Andhany, Ella (2022) Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). pp. 2376-2390. ISSN 2579-9258
Text
Jurnal Hariyu Aflah.pdf Download (571kB) |
Abstract
Indonesia memiliki 1.340 suku yang tersebar di 32 provinsi di wilayah indonesia. Salah satu nya adalah suku alas yang mendiami wilayah tenggara provinsi Aceh, tepatnya berada dikabupaten Aceh Tenggara. Suku alas memiliki kebudayaan tersendiri yang begitu kaya sehingga bisa diambil pelajaran didalamnya, tak terkecuali bagi pembelajaran matematika yang bisa dikaitkan dengan budaya adat alas, yang biasa disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan sebuah pembelajaran matematika dengan memasukan unsur sebuah budaya didalamnya. Etnomatematika merupakan sebuah penelitian yang diharapkan mampu merubah persepsi peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument. Peneliti menggunakan kajian literatur, wawancara, observasi dan juga dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Penelitian ini memfokuskan unsur budaya suku alas dengan pembelajaran matematika.Unsur budaya yang dimaksud disini adalah pakaian adat, alat musik, makanan tradisional, rumah adat, permainan tradisional dan senjata tradisional yang digunakan penduduk suku alas, hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai konsep, ide, dan aktivitas matematika dalam budaya suku alas seperti Geometri, Aljabar, dan Interval sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Suku Alas, Etnomatematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:35 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16120 |
Actions (login required)
View Item |