Penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dan Self Assessment System pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Labuhanbatu

Daulay, Rizky Abdillah (2021) Penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dan Self Assessment System pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY ABDILLAH KOMPLIT-3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejak 1 Juli 2013 mulai diberlakukannya PP No. 46 Tahun 2013 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. Dengan diterapkan PP No. 46 Tahun 2013 dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak, penyederhanaan aturan perpajakan, menciptakan masyarakat untuk tertib administrasi dan menciptakan transparansi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tiga hal yaitu dampak penerapan peraturan pemerintah (PP) No. 46 Tahun 2013 dalam kemajuan bisnis pada UMKM Al- UOIS 212 Mart Labuhan Batu, apakah pelaku UMKM Al-UOIS 212 Mart Labuhan Batu telah menerapkan self assessment system dengan baik, dan faktor penghambat dalam kemajuan bisnis pada UMKM Al-UOIS 212 Mart Labuhan Batu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif untuk menafsirkan data secara deskriptif dengan cara mengumpulkan, wawancara, observasi, menganalisis data dan menarik kesimpulan yang diperoleh dari perusahaan. Hasil dari penelitian menemukan tiga hal: pertama, penerapan PP No. 46 Tahun 2013 memberikan dampak positif bagi UMKM yakni memudahkan penghitungan, penyetoran, melaporkan pajak dan menambah tingkat kepatuhan wajib pajak; di sisi lain, memberikan dampak negatif bagi pelaku UMKM yang memperoleh laba kena pajak kurang dari 8% akan dirugikan karena pajak mereka akan lebih besar dibanding perhitungan dengan menggunakan tarif umum. Kedua, dalam pemungutan pajak, Al-UOIS 212 Mart Labuhan Batu belum menggunakan self assessment system disebabkan adanya anggapan rentan terjadi kesalahan dalam penghitungan jumlah pajak yang harus dibayar sehingga saat ini UMKM tersebut menggunakan pembayaran pajak secara langsung ke KPP Pratama Labuhan Batu atau istilahnya office assessment system. Ketiga, faktor penghambat kemajuan bisnis Al-UOIS 212 Mart meliputi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mendukung ekonomi Islam, produk kurang variasi, dan jarang melakukan kegiatan potongan harga untuk menarik pelanggan baru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan PP No. 46 Tahun 2013, Pajak, Self Assessment System, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:52
Last Modified: 12 Sep 2022 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item View Item