Peran Dewan Pelajar Dalam Pembentukan Akhlak Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Anum, Putri Latifah (2021) Peran Dewan Pelajar Dalam Pembentukan Akhlak Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI ANUM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dewan pelajar dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kabupaten Labuhanbatu Utara serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi factor penghambat dewan pelajar dalam pembentukan akhlak di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yang memperoleh data dari lapangan kemudian dianalisis menggunakan fakta dan keadaan di lapangan kemudian dibentuk menjadi teori, kata atau kalimat. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan deskriptif yaitu berusaha menggambarkan dan menjelaskan objek sesuai dengan fakta di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa peran dewan pelajar dalam pembentukan akhlak santri adalah eksistensi dewan pelajar memiliki peran signifikan dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan Labuhan Batu Utara. Signifikansi ini dapat dilihat dengan berbagai peran dalam kegiatan yang dilakukan dewan pelajar melalui keempat fungsi manajemen yang dijalankan dewan pelajar dalam upaya pembentukan akhlak santri baik itu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan serta dalam proses melaksanakan peran pembentukan akhlak santri, dewan pelajar memiliki beberapa hambatan seperti sarana dan prasana yang kurang, sumber daya manusia yang masih sedikit, pendanaan minim, kurang evaluasi, dan jadwal belajar penuh/padat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dewan Pelajar, dan Pembentukan Akhlak.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:52
Last Modified: 06 Sep 2022 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item