Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Madrasah Aliyah Nur Ibrahimy Rantauprapat

Ghannili, Farawi (2021) Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Madrasah Aliyah Nur Ibrahimy Rantauprapat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FARAWI GHANNILI (Akuntansi) (3).pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FARAWI GHANNILI (Akuntansi) (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan suatu program yang direncakan oleh pemerintahan untuk penyediaan pendanaan biaya non-personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai wujud pelaksanaan program wajib belajar selama kurang lebih 9 tahun lamanya. Dana BOS juga diprioritaskan untuk anggaran operasional non personalia (biaya pengadaa bahan atau peralatan pendidikan habis pakai). Dana BOS juga bantuan dari pemerintah untuk membebaskan biaya pendidkan bagi pelajar yang tidak mampu dalam hal materi dan meringankan juga bagi siswa siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan yang lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem penerimaan dan pengeluaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Aliyah Nur Ibrahimy Kota Rantauprapat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara murni serta dokumentasi sebagai penunjang keabsahan informasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Madrasah Aliyah Nur Ibrahimy Kota Rantauprapat dalam melakukan aktivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menggunakan pengelolaan secara tertulis dan online. Untuk sistem penggunaan pengeluaran, serta pelanggaran-pelanggaran dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah dijelaskan dalam Permendikbud No.1 Tahun 2018 Tentang Petujuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dana BOS, Permendikbud, Penerimaan dan Pengeluaran dana BOS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:47
Last Modified: 06 Sep 2022 06:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item