Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Al Qur'an (Kajian Dalam Tafsir Al Azhar)

Hasibuan, Syahril Amri (2018) Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Al Qur'an (Kajian Dalam Tafsir Al Azhar). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
tesis lengkapSyahril Amri Hsb 3003163029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pendapat para mufassir tentang nilai-nilai kompetensi sosial pendidik yang terdapat dalam Alquran Surah Al Hujurat kajian dalam tafsir Al-Azhar. 2) Tentang Indikator kompetensi sosial pendidik yang terdapat dalam Alquran Surah Al Hujurat kajian dalam tafsir AlAzhar. Dan 3) Relevansi kompetensi sosial pendidik dalam Alquran dan Undangundang tentang Guru dan dosen yang berlaku saat ini Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan metode tahlili karena semua yang digali adalah bersumber dari pustaka. Data diperoleh melalui buku-buku yang berkaitan dengan kompetensi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendapat-pendapat para mufassir tentang nilai-nilai kompetensi sosial pendidik dalam Alquran. 2) Indikator kompetensi sosial pendidik dalam Qs Al Hujurat (kajian dalam tafsir Al Azhar) adalah pertama Adab sopan santun dalam berbicara, Tata cara berintraksi dengan masyarakat, Menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat luas, serta mampu menghindari prasangka yang buruk kepada orang lain, dan saling berbagi terhadap sesama. Nilai-nilai kompetensi sosial pendidik yang terdapat dalam Alquran masih relevan dengan Undang-undang yang berlaku saat ini dalam hal meningkatkan profesionalisme pendidik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:05
Last Modified: 02 Sep 2022 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item