Hubungan Antara Budaya Madrasah Dan Sikap Inovatif Dengan Komitmen Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekota Gunung Sitoli

Telaumbanua, Idham Saleh (2022) Hubungan Antara Budaya Madrasah Dan Sikap Inovatif Dengan Komitmen Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekota Gunung Sitoli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
FULL TESIS IDHAM SALEH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) hubungan antara budaya madrasah dengan komitmen kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Gunungsitoli, 2) hubungan antara sikap inovatif dengan komitmen kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Gunungsitoli, dan 3) hubungan antara budaya madrasah dan sikap inovatif secara bersama-sama dengan komitmen kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se- Kota Gunungsitoli. Populasi penelitian adalah seluruh guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri SeKota Gunung Sitoli dengan jumlah 38 orang, dengan sampel keseluruhan populasi atau total sampling.. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya madrasah dengan komitmen kerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif budaya madrasah maka semakin tinggi dan positif pula komitmen kerja guru madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Gunung Sitoli dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 8,5%., 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap inovatif dengan komitmen kerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif sikap inovatif maka semakin tinggi dan positif pula komitmen kerja guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Gunung Sitoli dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 4,56%, dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara budaya madrasah dan sikap inovatif secara bersamasama dengan komitmen kerja guru Madrasah ibtidaiyah Negeri Se- Kota Gunung Sitoli. Artinya semakin tinggi dan positif budaya madrasah dan sikap inovatif maka semakin tinggi dan positif pula komitmen kerja guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:36
Last Modified: 29 Aug 2022 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item