Sistem Pakar Diagnosa Mandiri Mental Illness (Gangguan Jiwa) Menggunakan Metode Kombinasi Certainty Factor Dan Forward Chaining Pada Remaja Berbasis Android

Dwi Rahmadani Ivan, Diana (2022) Sistem Pakar Diagnosa Mandiri Mental Illness (Gangguan Jiwa) Menggunakan Metode Kombinasi Certainty Factor Dan Forward Chaining Pada Remaja Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
REVISIAN SIDANG DWI RID FIX_compressed (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Mental Illness atau Gangguan jiwa merupakan suatu sindrom yang menggangu pola pikir atau psikologik yang mengganggu kegiatan disfungsi kesehariannya. Berdasarkan data yang terkumpul dalam profil kesehatan indonesia berhasil menunjukkan betapa tingginya orang yang menderita gangguan jiwa di Indonesia yang belum tertangani dengan baik. Sangat berbanding terbalik dengan jumlah psikolog dan psikater yang ada di Indonesia saat ini. Masyarakat seringkali bersetigma bahwa mental illness merupakan gangguan yang berada di luar nalar atau biasa disebut dengan hal mistis hingga masyarakat menanggap tabu untuk memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater. Dalam penelitian ini menggunakan metode certainty factor dan forward chaining yaitu metode yang bekerja dalam ketidak pastian pakar yang sering kali seorang pakar menganalisa informasi yang ada dengan ketidak pastian. Pengkomputasian diagnosa gangguan mentall illness dapat membantu masyarakat dalam memahami kondisi jiwanya tanpa harus bertemu dengan psikolog dan psikater terlebih dahulu yang didalamnya mencakup 62 gejala dan 10 penyakit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Certainty Factor, Mentall Illness
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:16
Last Modified: 29 Aug 2022 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

View Item View Item