Bias Gender Dalam Surat Kabar (Analisis Isi Pemberitaan Harian Umum Nasional Waspada Sumatera Utara Edisi 01 Agustus -31 Agustus 2018)

Angkat, Fitri Rahmadani (2020) Bias Gender Dalam Surat Kabar (Analisis Isi Pemberitaan Harian Umum Nasional Waspada Sumatera Utara Edisi 01 Agustus -31 Agustus 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
GABUNG SKRIPSI 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surat kabar adalah salah satu media massa yang masih eksis di dunia digital saat ini. Sehingga tidak heran jika surat kabar hingga saat ini masih memiliki pengaruh besar terhadap khalayak dengan sajian informasi yang ditampilkan di dalamnya, jangkauannya yang luas, bisa menjadi alat yang efektif dalam menyebarluaskan kontruksi gender kepada masyarakat luas. Hanya saja masih ada sejumlah surat kabar yang menginformasikan gender secara bias. Berdirinya Harian Umum Waspada adalah dengan membawa Visi Misi menyampaikan berita yang benar serta tidak berpihak kepada satu golongan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk, serta istilah bias gender yang terdapat dalam pemeberitaan Harian Umum Nasional Waspada edisi 1 Agustus - 30 Agustus 2018 dengan metode analisis isi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara detail suatu pesan atau suatu teks tertentu.Hasil penelitian menunjukkan bentuk bias gender yang ditampilkan dalam pemberitaan oleh Harian Umum Waspada berupa stereotipe, subordinasi, diskriminasi, serta marginalisasi terhadap perempuan. Waspada juga sering menampilkan istilah yang bias gender yakni perempuan sebagai ‘Penopang Ekonomi’.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Suat Kabar, Harian Umum Waspada, Bias Gender.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 09:00
Last Modified: 25 Aug 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item