Pelaksanaan Fardhu Kifayah Bagi Jenazah Yang Terinfeksi Covid-19 Di Rumah Sakit Putri Bidadari Kabupaten Langkat (Analisis Fatwa Mui No 18 Tahun 2020 Pada Fikih Wabah)

Al Rasyid, Muhammad Harun (2022) Pelaksanaan Fardhu Kifayah Bagi Jenazah Yang Terinfeksi Covid-19 Di Rumah Sakit Putri Bidadari Kabupaten Langkat (Analisis Fatwa Mui No 18 Tahun 2020 Pada Fikih Wabah). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS, M HARUN AL RASYID huki.pdfpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah pertama, untuk mengetahui pelaksanaan fardhu kifayah bagi jenazah yang terinveksi COVID-19 di RSU Putri Bidadari Langkat. Kedua, untuk mengetahui cara pengurusan jenazah yang terinveksi COVID-19 berdasarkan Fatwa MUI Nomor 18 Tahun 2020 di RSU Putri Bidadari Langkat. Ketiga, untuk mengetahui kendala atau hambatan dalam pelaksanaan fardhu kifayah bagi jenazah yang terinveksi COVID-19 di RSU Putri Bidadari Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Penelitian empiris merupakan kajian yang memandang hukum sebagai kenyataan, mencakup kenyataan sosial, kenyataan kultur dan lain-lain. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kajian kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis, teknik analisis isi bertujuan untuk menggali isi atau makna dalam bentuk dokumen, karya sastra, artikel dan sebagainya yang berupa data tidak terstruktur. Teknik keabsan data dengan cara triangulasi sumber, metode dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelakasanaan jenazah covid-19 di RSU Putri Bidadari langkat yang menjadi dasar dalam pengurusan jenazah muslim (tajhiz al-jana’iz) yang terpapar COVID-19, terutama dalam memandikan dan mengafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak RSU Purti Bidadari Langkat dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat Islam. Sedangkan untuk menshalatkan dan menguburkannya dilakukan sebagaimana biasa syariat Islam dengan tetap menjaga protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19. Sedangkan faktor penghambat atau kendala pelaksanaan fardhu kifayah jenazah covid-19 berupa penolakan keluarga dalam proses penanganan jenazah Covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fardhu Kifayah, Jenazah Covid-19, Fatwa MUI
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.16 Masalah pengurusan orang sakit dan jenazah,
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:47
Last Modified: 25 Aug 2022 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item