Korelasi Kecerdasan Spritual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Ibtidaiyah Di Kota Gunungsitoli

Maruhawa, Umar Saleh (2022) Korelasi Kecerdasan Spritual Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Ibtidaiyah Di Kota Gunungsitoli. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi irma damayanti (Baru) OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hipotesis penelitian ini adalah: Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini melibatkan 261 responden, yakni siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah di Kota Gunungsitoli. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik “Stratified Proportional Random Sampling”. Data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment, Regresi Sederhana dan Regresi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 0,459, dengan sumbangan keeratan hubungan sebesar 21,11 %. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 0,416 dengan sumbangan keeratan hubungan sebesar 41,6 %. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 0,598 dengan sumbangan keeratan hubungan sebesar 35,8 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama merupakan dua faktor yang sangat berhubungan secara signifikan dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:01
Last Modified: 25 Aug 2022 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item