Persespsi Masyarakat Terhadap Makam Datuk Tualang Poso, Serta Pemeliharaannya Di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan,Kabupaten Deli Serdang

Fajar, Riki (2021) Persespsi Masyarakat Terhadap Makam Datuk Tualang Poso, Serta Pemeliharaannya Di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan,Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Riki Fajar, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Sejarah Peradaban Islam (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Persespsi Masyarakat Terhadap Makam Datuk Tualang Poso, Serta Pemeliharaannya Di Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan,Kabupaten Deli Serdang. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsimasyarakat terhadap Makam Datuk Tualang Poso, Bagaimana pemeliharaan Makam Datuk Tualang Poso yang ada di Dusun 1 Tambak Rejo, Desa Amplas, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang. Jenis metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metodeAnalisis Deskriptif Kualitatifdengan menggunakan teori Sosiologi.Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, study pustaka dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada empat Informan yaitu Bapak Nugroho, Wan Amiruddin, Wan Zulkarnain, dan Wan Usman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwaadalah Masyarakat Desa Amplas menganggapbahwa Makam Datuk Tualang Poso ini sebagai tempat yang syakral dan keramat. Kemudian sebagian masyarakat menganggap sebagai bentuk penghormatan saja dikarenakan pada masa hidupnya Datuk Tualang Poso ini adalah seorang Syekh yang di utus oleh kesultaan Deli untuk menyebarkan Agama Islam di Desa Amplas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Makam Keramat, Desa Amplas
Subjects: 2X9 SEJARAH ISLAM DAN BIOGRAFI > 2X9.6 Perkembangan di berbagai negara setelah 1800.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Sejarah Peradaban Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:57
Last Modified: 25 Aug 2022 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item