Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Al-Qur’an (Analisis Surah ‘Abasa)

Sumayadi, Putra (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Al-Qur’an (Analisis Surah ‘Abasa). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Putra Sumayadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (anak dengan kondisi buta) yang terkandung dalam Surah ‘Abasa?, 2) Bagaimana metode pengajaran pada anak berkebutuhan khusus (anak dengan kondisi buta)?, dan 3) Bagaimana materi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (anak dengan kondisi buta) pada Surah ‘Abasa?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an al-Karim beserta kitab-kitab tafsir, seperti: Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Al-Qurthubi dan Tafsir AlQur’anul Majid An-Nuur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai pendidikan yang ada dalam Surah ‘Abasa bagi Anak Berkebutuhan Khusus adalah pendidikan inklusi yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. 2) Metode atau strategi yang tepat untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada Anak Berkebutuhan Khusus tunanetra adalah dengan metode diskusi dan juga tanya jawab. Namun demikian sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, pendidik atau guru dapat melakukan metode kolaboratif sehingga tujuan pembelajaran kepada Anak Berkebutuhan Khusus tunanetra dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhannya. 3) Dalam konteks pendidikan Islam, analisis pada Surah ‘Abasa maka materi pendidikan yang paling utama untuk diajarkan bagi Anak Berkebutuhan Khusus adalah materi akidah atau keimanan, materi akhlak dan juga materi ibadah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 05:01
Last Modified: 24 Aug 2022 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15443

Actions (login required)

View Item View Item