Implementasi komunikasi persuasif guru agama Islam dalam menyampaikan pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang

Elhaq, Isna Asniza (2016) Implementasi komunikasi persuasif guru agama Islam dalam menyampaikan pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang diteliti adalah: 1. Untuk mengetahui implementasi komunikasi persuasif guru agama Islam dalam menyampaikan pendidikan agama Islam di SD Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Swrdang. 2. Untuk mengetahui bentuk hambatan yang dihadapi dan solusi guru agama Islam untuk mengimplementasikan komunikasi persuasif dalam menyampaikan pendidikan agama Islam di SD Al-Manar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulaitatif dengan pendekatan deskriptif.Data yang tekumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang terkumpul sebagai mana adanya disusun, diinterpretasikan, dianalisis untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam sudah sangat optimal dalam menyampaikan pengajaran kepada siswa/siswi kelas VI SD Al-Manar. Terbukti dari hasil pemgamatan serta wawancara, bahwa guru agama Islam tidak hanya sekedar memberikan pengajaran secara formal didalam kelas saja akan tetapi guru agama Islam menyampaikan pengajaran bersifat situasional yang mana guru agama Islam selalu menyampaikan pengajaran agama Islam dimana saja tanpa adanya batasan ruang dan waktu dengan cara memberikan pemahaman yang baik, mengajak dan membujuk siswa-siswinya melakukan hal-hal yang baik seperti pola hidup bersih, disiplin, berpakaian rapi tang sesuai dengna syariat. Guru agama Islam juga sering mengajak siswa-siswi melakukan kegiatan keagamaan serta membiasakan kegiatan tersebut agar siswa-siswi diharapkan terbiasa dengan amalan-amalan yang baik serta menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap agamanya. Adapun kegiatan keagamaannya seperti salat berjamah di mushola , menghafal surat-surat pendek, menghafal asmaul husna, menghafal doa-doa harian. Dalam hal ini guru agama Islam menemukan hambatann dalam menyampaikan pendidikan agama Islam seperti faktor lingkungan yang kurang baik, kurang adanya pengawasan orang tua saat di rumah, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang kesadaran siswa-siswi untuk melakukan kegiatan yang berkaitan tentang keagamaan, faktor media informasi seperti internet yang saat ini menjadi alat untuk anak-anak bermain bahkan tak jarang dari mereka membiasakan waktunya untuk bermain internet. Solusinya, adanya kerjasama yang dilakukan guru agama Islam dengan orangn tua untuk mengawasi serta memberikan pengajaran yang baik dan berkelanjutan baik di rumah maupun di sekolah, membuat evaluasi pengajaran agar guru agama Islam bisa memahami kekurangan bahkan kelemahan serta keefektifan cara pengajaran yang dilakukan dengan bentuk komunikasi persuasif, adanya stakeholder yang dibentuk untuk memberikan penguatan terhadap pribadi seorang anak dalam membentuk akhlak yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Komunikasi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 21 Apr 2017 09:12
Last Modified: 21 Apr 2017 09:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item