Pemahaman dan Pengamalan Akidah Santri Aliyah di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Kecamatan Medan Denai Kota Medan

Fatimah, Siti (2021) Pemahaman dan Pengamalan Akidah Santri Aliyah di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI SITI FATIMAH 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aqidah merupakan keimanan, kepercayaan, serta keyakinan secara mendalam dan benar yang direalisasikan dalam bentuk perbuatan. Kesempurnaan aqidah tidak hanya sebatas lisan atau ucapan melainkan harus diikuti dengan sikap dan perbuatan. Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar terdapat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang bertujuan untuk mempersiapkan anak didiknya agar mampu mengembangkan diri serta menjalankan aqidah sesuai ajaran Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman akidah santri serta apakah dari pemahaman tersebut dapat terealisasikan dalam bentuk pengamalan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengamati fenomena yang berhubungan dengan pemahaman dan pengamalan aqidah santri Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan fakta-fakta di lapangan yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman aqidah santri aliyah Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar sudah kepada aqidah yang benar yang tidak bertentangan dengan wahyu dan firman Allah SWT. Namun, dalam pengamalannya masih terdapat beberapa santri yang kurang kesadarannya dalam hal sholat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pengamalan, Aqidah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.1 Falsafah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:50
Last Modified: 19 Aug 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15314

Actions (login required)

View Item View Item