Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas XI Man 1 Medan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling

Amri, Sri Rahmadani (2020) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas XI Man 1 Medan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI SRI RAHMADANI AMRI TUNTAS (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang membahas tentang pengaruh motivasi belajar terhadap stres akademik siswa dan implikasinya dalam bimbingan konseling ini di latar belakangi oleh pandangan peneliti bahwa siswa cenderung akan mengalami stres akademik karena memiliki motivasi dalam belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap stres akademik siswa kelas XI MAN 1 Medan. (2) Untuk mengetahui bagaimana implikasi pengaruh motivasi belajar terhadap stres akademik siswa kelas XI MAN 1 Medan dalam bimbingan konseling.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasinya pada kelas XI MAN 1 Medan berjumlah 556 siswa. Menggunakan teknik random sampling cluster. Sampelnya sebanyak 272 siswa dari 7 kelas. Metode penelitian data menggunakan angket dan dokumentasi. Semua instrument telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran , karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan korelasi productmoment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap stres akademik di buktikan dari nilai Sig. = 0,681, dengan ketentuan jika nilai Sig < 0,05, berarti Sig. > dari kriteria signifikan (0,05) dan nilai thitung -0,412 < dari ttabel 1,968789 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterimah. dimana H0 = tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar (X) terhadap stres akademik (Y).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Stres akademik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:15
Last Modified: 19 Aug 2022 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item