Strategi Pelaku Bisnis Electronic Commerce (e-commerce) Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Tokopedia)

Hamdun, Nizar (2021) Strategi Pelaku Bisnis Electronic Commerce (e-commerce) Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Tokopedia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NIZAR HAMDUN BAB1-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan lingkungan yang kemudian menjadi masalah saat ini menimbulkan kekhawatiran berkepanjangan bagi para pelaku bisnis. Strategi untuk menciptakan penjualan efektif, kini pelaku bisnis mencoba mempertahankan bisnis mereka pada masa pandemi mengalihkan penjualan dari metode langsung ke sistem penjualan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Stategi pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) dalam pemulihan Ekonomi di masa pandemi Covid 19, tantangan pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) dalam menarik konsumen di masa pandemi Covid-19, dan perspektif Ekonomi Islam pada pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) yang berkembang saat ini. Adapun metode yang di gunakann adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) dalam pemulihan Ekonomi di masa pandemi Covid 19 sesuai segmen pasar yaitu mampu melihat peluang dan kebutuhan pasar yang dibutuhkan saat masa pandemi. Tantangan pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) dalam menarik konsumen di masa pandemi Covid-19 yaitu persaingan antara para mitra Tokopedia yang menjual produk sama dengan perbandingan harga yang berbeda, harus mampu aktif dalam mengenalkan toko dan produk yang dijual, karena hal ini sangat mempengaruhi rating pada toko, semakin sering live akan mengajak para konsumen untuk berkunjung dan belanja. Perspektif Ekonomi Islam pada pelaku bisnis Electronic Commerce (Tokopedia) adalah persoalan ijitihadi. Dalam konsep Islam segala sesuatu yang berbentuk interaksi sesama manusia (Muamalah) pada dasarnya dibolehkan, sejauh tidak ada dalil yang menentukan keharamannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pelaku Binis, E-Commerce, Tokopedia, Ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:53
Last Modified: 16 Aug 2022 08:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15216

Actions (login required)

View Item View Item