Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Kabupaten Mandailing Natal di Kec. Panyabungan Tahun 2020 (Studi Komunikasi Politik)

Hayati, Nurhikma (2022) Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Kabupaten Mandailing Natal di Kec. Panyabungan Tahun 2020 (Studi Komunikasi Politik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURHIKMA HAYATI-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi masyarakat pada Pilkada kabupaten Mandailing Natal, mengetahui pesan-pesan pilkada yang disampaikan KPU melibatkan kelompok referensi, mengetahui media yang digunakan KPU dalam sosialisasi Pilkada, serta mengetahui pesan menyentuh atau menarik perhatian masyarakat ikut Pilkada. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat mengalami kenaikan menjadi 70% di bandingkan tahun 2015 hanya 56%, masyarakat Mandailing natal ikut berpartisipasi karena adanya dorongan dari kata hati, kesadaran diri sendiri, adapula karena suatu hal alasan tertentu. Terselenggaranya pemilihan kepala daerah ini tidak terlepas dari tanggung jawab KPU Madina dan juga kesediaan seluruh stakeholder maupun elemen masyarakat yang menjadi perpanjang tangan KPU Madina untuk sosialisai dalam mensukseskan Pilkada ini yakni salah satunya terlibatnya kelompok referensi, selain itu KPU Madina juga berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat tidak ketinggalan informasi terkait segala bentuk informasi tentang Pilkada disebar maka KPU juga menggunakan sosialisasi melalui berbagai media.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pilkada, Komunikasi Politik
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:11
Last Modified: 16 Aug 2022 06:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item