Analisis Dampak Peralihan Komoditi Pertanian Dari Tanaman Nanas Menjadi Tanaman Kelapa Sawit Terhadap Lingkungan Dan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Pada Kelurahan Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara)

Erianto, Ridho (2022) Analisis Dampak Peralihan Komoditi Pertanian Dari Tanaman Nanas Menjadi Tanaman Kelapa Sawit Terhadap Lingkungan Dan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Pada Kelurahan Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RIDHO FINISH FULL....pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang yang menyebabkan petani nanas mengalihfungsikan komoditinya menjadi kelapa sawit serta dampak bagi lingkungan dan kesejahteraan petani. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini difokuskan pada 5 petani dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak alihfungsi komoditi pertanian dari tanaman nanas menjadi tanaman kelapa sawit terhadap lingkungan di Kelurahan Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara berdampak buruk di karenakan tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang banyak memerlukan air dan menyebabkan air menjadi kurang bersih, serta banyak nya akar kelapa sawit mengakibatkan unsur hara serta kesuburan tanah menjadi kurang baik. Sedangkan terhadap kesejahteraan petani di Kelurahan Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara dampak nya jauh lebih baik bagi petani, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terlihat dari gaji responden yang mengalami peningkatan, pekerjaan jauh lebih ringan, adanya peningkatan aset yang dimiliki keluarga petani, serta keluarga petani merasa jauh lebih sejahtera.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komoditi, Lingkungan, Kesejahteraan Petani, Nanas, Kelapa Sawit
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:07
Last Modified: 16 Aug 2022 06:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item