Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan

Nasution, Mursyid (2020) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi Mursyid NSTT.pdf

Download (939kB)

Abstract

Dewasa ini diketahui bahwa tingkat literasi di Indonesia tergolong dalam peringkat terendah di Dunia, maka dari itu perlu adanya suatu penggerak yang harus dilakukan utuk menanggulangi data tersebut. Perpustakaan adalah salah satu sarana yang dapat membantu untuk penanggulan terhadap masalah yang terjadi, terkhusus untuk sekolah-sekolah perpustakaan merupakan sarana yang paling penting utuk menunjang pendidikan anak-anak karena jiwa literasi harus ditanamkan sejak dini. Dengan adanya fenomena ini maka peneliti berkeinginan untuk membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Pulau Rakyat. Pengambilan data digunakan dengan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Untuk analisis data yaitu dengan tahap reduksi data, display data kemudian membuatkan kesimpulan dari data yang dihasilkan sesuai dengan analisis data yang digunakan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang ditimbulkan perpustakaan SMP N 3 Pulau Rakyat dengan prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan, bahwa minat siswa SMP N 3 Pulau Rakyat memiliki semangat untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sehingga menimbulkan pengaruh yang erat dengan prestasi belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan, perpustakaan sekolah, prestasi siswa.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:12
Last Modified: 16 Aug 2022 05:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item View Item