Penerapan manajemen berbasis sekolah d Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Fuad, M.Yusril (2011) Penerapan manajemen berbasis sekolah d Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis Fuad.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen kunci dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan beberapa langkah yaitu dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan. Untuk mencapai kepercayaan data penelitian yang telah dikumpulkan dilakukan dengan derajat tingkat kepercayaan (credibilitas),keteralihan (transferabilitas), kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (comfirmabilitas). Peneliti menemukan bahwa : 1. Program kegiatan sekolah telah direncanakan dengan baik di MAN 2 Model Medan sesuai dengan konteks model MBS sehingga semua kegiatan terarah bagi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. 2. Kepala sekolah sebagai pemimpin instruksional telah menggerakkan seluruh personil sekolah agar termotivasi melaksanakan tugasnya, sedangkan guru dalam konteks pembelajaran di MAN 2 Model Medan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam suasana yang edukatif agar para siswa dalam melaksanakan tugas belajar selalu antusias dan mengoptimalkan kemampuan belajarnya dengan baik. 3. Pengawasan yang dilakukan melalui observasi langsung telah mampu memonitor pelaksanaan program-program di MAN 2 Model Medan, sehingga beberapa penyimpangan yang berarti dapat segera dilakukan perbaikan seperlunya sekaligus sebagai masukan bagi perencanaan berikutnya. Secara umum implementasi model MBS yang dilakukan di MAN 2 Model Medan yang menyangkut kegiatan pelaksanaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sudah cukup baik karena konsep Madrasah itu sendiri sangat mendukung terhadap pelaksanaan model MBS. Oleh karena itu MAN 2 Model Medan menjadi basis dari sosialisasi yang bersifat pengembangan model pembelajaran dan dalam hal peningkatan mutu pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:18
Last Modified: 10 Apr 2017 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item