Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dan sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan Estate

Mushlih, Ahmad (2014) Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dan sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan Estate. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Mushlih CD.PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Kisah Khalifah Abu Bakar as-Shiddiq r.a dan Khalifah Umar ibn al- Khattab r.a sebelum menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama di Kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate. (2) Untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama khususnya pada materi Kisah Khalifah Abu Bakar as- Shiddiq r.a dan Khalifah Umar ibn al-Khattab r.a di Kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama di Kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate. Penelitian ini termasuk kepada Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Zubair bin ‘Awwam SDIT Nurul Ilmi Medan Estate sebanyak 26 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Analisis data dilaksanakan secara kuantitatif dan kualitatif. Dari analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Hasil Belajar siswa pada materi Kisah Khalifah Abu Bakar as-Shiddiq r.a dan Khalifah Umar ibn al-Khattab r.a sebelum penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama pada kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate yang berhasil tuntas sebanyak 10 orang atau 38 %. (2) Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama pada kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate proses pembelajaran berlangsung lebih menyenangkan, aktifitas siswa meningkat, mereka aktif mencari dan menemukan materi pembelajaran serta aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. (3) Hasil belajar dan aktifitas siswa setelah tindakan berlangsung dalam 2 siklus mengalami peningkatan pada. Pada siklus pertama sebanyak 15 orang atau 58 % siswa berhasil tuntas, siklus ke II meningkat menjadi 24 orang atau 92 %. (4) Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I setelah tindakan adalah 58 % atau sebanyak 15 orang, dari siklus I ke siklus II adalah 92 % atau sebanyak 24 orang hanya tinggal 2 orang siswa lagi yang belum tuntas. Nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 70. ABSTRAK Strategi Pembelajaran Index Card Match dan Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDIT Nurul Ilmi Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Name

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:58
Last Modified: 10 Apr 2017 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item