Potensi Dakwah Di Daerah Minoritas Dalam Penguatan Nilai-Nilai Agama Islam (Studi Kasus : Desa Tinada, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat)

Berutu, Lorisma (2021) Potensi Dakwah Di Daerah Minoritas Dalam Penguatan Nilai-Nilai Agama Islam (Studi Kasus : Desa Tinada, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Full Lorisma brt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Tinada adalah salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara. Masyarakat di Desa Tinada adalah masyarakat yang heterogen, terdapat berbagai marga-marga yang menjadi ciri khas dari suku Pakpak serta bermacam-macam agama yang dianut oleh masyarakat setempat. Dengan ciri demikian ini penduduk Desa ini tetap dapat hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya. Masyarakat nya dominan memeluk agama Kristen, sehingga jumlah penduduk muslim tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kristen atau disebut minoritas. Dengan demikian agar umat Islam tetap tumbuh dan berkembang maka dakwah agama Islam harus senantiasa diaktifkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan agama Islam, aktivitas keagamaan dan potensi dakwah Islam dalam penguatan nilai-nilai Islam serta hambatan/ tantangan dalam mengembangkan dakwah Islam di Tinada, Kab.Pakpak Bharat. Permasalahan ini dikaji melalui metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan sosiologis, yakni dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat guna menganalisa fenomena yang terlihat dan yang menjadi realita dalam kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara dengan beberapa informan. Didukung pula oleh data-data yang didapat dari Kantor Kepala Desa Tinada dan sebagai literature pendukung dalam penelitian ini juga menggunakan buku-buku, jurnal ataupun lainnya yang berkaitan dengan judul penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan dakwah Islam di daerah minoritas dan potensi dakwah Islam di daerah minoritas dalam menguatkan nilai-nilai keislaman di Desa Tinada Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa perkembangan agama Islam di daerah minoritas Tinada hingga saat ini masih sangat relatif kurang memadai dari segi pemberdayaannya. Serta faktor yang mendorong minimnya pengetahuan agama Islam di masyarakat adalah kurangnya kesadaran dari beberapa masyarakat sehingga membuat agama Islam di Tinada sulit untuk merealisasikan nilai-nilai Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi dakwah, Desa Tinada, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:26
Last Modified: 12 Aug 2022 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item