Penerapan Filter Air Berbasis Zeolit Dan Pasir Silika Dengan Penambahan Karbon Aktif Biji Salak Untuk Meningkatkan Kualitas Air Sumur Gali

Sitorus, Puri Rabiatul Amalia (2022) Penerapan Filter Air Berbasis Zeolit Dan Pasir Silika Dengan Penambahan Karbon Aktif Biji Salak Untuk Meningkatkan Kualitas Air Sumur Gali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI RABIATUL AMALIA SITORUS-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Telahndilakukannpenelitian yangnbertujuan untuk (i) mengetahui kualitasnair sumur galinsebelum dilakukan proses pemfilteran, (ii) mengetahui kualitas air sumur gali sesudah dilakukan proses pemfilteran, (iii) mengetahuinkomposisi karbonnaktif biji salak, zeolit, dan pasirnsilika yang paling optimum agar diperoleh filter yang menghasilkan air bersih. Penelitiannini menggunakan air sumurngali yang berasal dari DesanHessanAir GentingnKecamatan AirnBatu KabupatennAsahan ProvinsinSumateranUtara. Filter menggunakan bahan karbon- aktifnbiji salak, zeolit, dan pasir silika. Zeolit dan pasir silika yang digunakan adalah zeolit dan pasir silika komersial. Karbon aktif biji salak diperoleh melalui proses pembakaran pada suhu 250OC dan aktivasi pada suhu 700OC selama 3 jam. Komposisinkarbon aktif bijinsalak, zeolit, dan pasir silika yang digunakan adalah 0 cm: n10 cm : n10 cm (Filter A), n5 cm: n10 cm : n10 cm (Filter B), n10 cm: 10 cm : n10 cmn (Filter C), dan 15ncm: 10ncm : 10ncm (Filter D). Dalam penelitian ini parameter yang diuji meliputi parameternfisika (bau, nrasa, nwarna, nTDS, kekeruhan, ndan suhu) dan kimian (pH dan kadar logamnFe). Hasilnuji sampel air-sumur gali sebelumnditerapkan metodenpemfilteran belumnmemenuhi standar kualitasnair bersih. Untuk parameternfisika yang belum memenuhinstandar air bersih adalah kekeruhan dengan nilai 75 NTU, sedangkan parameter kimia yang belumnmemenuhi standarnair bersih adalah pHndengan nilai 5,6ndan Fe dengan nilain3,4nmg/l. Hasilnuji sampelnair sumur gali setelah diterapkannmetodenpemfilteran dengan karbonnaktif bijinsalak, zeolit dan pasirnsilika telah memenuhi standar kualitasnair bersih, kecuali FilternA pada parameter pH dengannnilai 5,32 dan Fe dengannnilai 2,7 mg/l. Komposisinkarbon aktifnbiji salak, zeolit, dan pasirnsilika yang paling optimumndiperoleh pada Filter D yang menghasilkan air bersih berdasarkannPERMENKES RI No.32 Tahun 2017 dengannkomposisi 15 cm : 10 cm: 10 cm.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biji salak, filter air, karbon aktif, pasir silika, dan zeolit
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 09:00
Last Modified: 09 Aug 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item